ACADSTAFF UGM

CREATION
Title : Aplikasi Model Matematika untuk Aliran Lalu Lintas.
Author :
Date : 2010
Abstract : Permasalahan pengaturan lalu lintas merupakan suatu masalah yang cukup kompleks. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang pesat dapat melebihi kapasitas jalan raya. Hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas, yang memicu ketidakefisiensian dalam berbagai bidang, seperti pemborosan bahan bakar dan pencemaran udara yang meningkat. Hal ini dapat menjadi lebih parah, dengan perancangan lampu lalu lintas yang tidak efisien, sehingga beberapa ruas jalan mengalami kemacetan lalu lintas yang lebih parah. Pengaturan lampu lalu lintas sering kali berdasarkan data statis dan pengamatan semata, sehingga sering terjadi kemacetan lalu lintas disebabkan lonjakan secara drastis beban (load) dari jalan. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pengaturan lalu lintas yang dinamis sehingga kejadian overloaded (kemacetan lalu lintas yang berlebih) dapat dikurangi. Dalam penelitian ini akan disusun model matematika yang melibatkan variabel stokastik, yaitu variabel random yang bergantung dari waktu. Variabel stokastik yang diperlukan untuk pemodelan matematika dalam penelitian ini adalah jumlah kedatangan kendaraan dari suatu ruas jalan dan lama waktu yang diperlukan suatu kendaraan melewati suatu persimpangan jalan. Penelitian ini bertujuan secara khusus untuk memperbaiki sistem pengaturan lampu lalulintas dengan merumuskan dan menerapkan suatu metoda yang dinamis untuk menentukan waktu yang tepat bagi lampu pengatur lalulintas. Suatu metoda perhitungan baru yang bersifat dinamis karena disesuaikan dengan kepadatan lalulintas pada suatu waktu tertentu. Dengan semakin meningkatnya arus lalulintas, lampu pengatur lalulintas menjadi semakin berperan penting dalam memperlancar arus lalulintas. Pengaturan yang tidak tepat dapat menyebabkan kemacetan, yang berarti pemborosan waktu dan bahan bakar, dan bahkan meningkatnya angka kecelakaan, yang disebabkan ketidaktepatan pergantian waktu lampu pengatur lalulintas atau ketidaksabaran seseorang karena menunggu terlalu lama. Oleh sebab itu, penentuan waktu lampu pengatur lalulintas harus dirancang dengan tepat. Hal itu pula yang mendorong, diperlukannya suatu analisa yang dapat digunakan untuk perancangan waktu lampu pengatur lalulintas yang efisien. Pengaturan waktu lampu saat merah, hijau ataupun kuning sangatlah bergantung dari arus lalulintas dari masing-masing ruas jalan yang terlibat. Karena sifat arus lalulintas yang bersifat acak (random) dari waktu ke waktu, maka sangat tepat jika sistem persimpangan jalan dianalisa dengan model matematika yang dinamis. Lebih lanjut, dari pemodelan tersebut dapat diperoleh cara yang tepat untuk menentukan waktu bagi lampu pengatur lalulintas.
Group of Knowledge : Matematika
Original Language : Bahasa Indonesia
Level : Nasional
Status :
Document
No Title Document Type Action
1 LAPORAN AKHIR Penelitian Hibah Strategis Nasional_WIDODO-rev-17-11-2010-final.pdf
Document Type :
View
2 muka-lap-akhir-2010-final.pdf
Document Type :
View
3 Pengesahan-daftar-isi-dll-Lap-akhir-2010-final-1.pdf
Document Type :
View
4 Berita Acara Serah terima Pekerjaan 2010-final.pdf
Document Type :
View