Title | : | Dongeng sebagai Salah Satu Sarana Pembelajaran Bahasa dan Pendidikan Moral |
Author | : |
Dra. Sumarsih, M.Hum. (1) |
Date | : | 2018 |
Keyword | : | dongeng,karya sastra,masyarakat dongeng,karya sastra,masyarakat |
Abstract | : | Menurut James Danandjaja (1984:82-83) dongeng adalah cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga yang melukiskan kebenaran, pelajaran bahkan sindiran. Dongeng biasanya disukai anak-anak dan remaja walau banyak juga orang dewasa yang menyukainya. Dongeng juga disebut dengan istilah nursery tales ’cerita kanak-kanak’. Dongeng yang dijadikan contoh dalam makalah ini adalah Dongeng Bagus Ibrahim. Dongeng ini ditulis dalam bahasa Jawa, berbentuk prosa dengan struktur cerita berbingkai. Teori yang digunakan dalam makalah ini adalah pragmatis sebab dalam pandangan pragmatis karya sastra (yang dalam hal ini, salah satunya adalah dongeng) mengemban fungsi menggerakkan pembaca untuk bersikap, berperilaku, bertindak, dan bergerak melakukan sesuatu, dan adanya masyarakat penikmat sastra yang mendapat sesuatu dari pembacaan cipta sastra. Peran karya sastra dalam hal ini dongeng dalam masyarakat dengan demikian menjadi penting karena dapat menggerakkan pembacanya agar bersikap, berperilaku, dan bertindak sebagaimana yang disarankan oleh teksnya. Metode penelitian yang dipakai adalah studi pustaka. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah dengan membaca dongeng, anak atau pembaca akan mendapatkan banyak manfaat dalam pembelajaran bahasa dan moral. |
Group of Knowledge | : | |
Level | : | Internasional |
Status | : |
Published
|
No | Title | Action |
---|---|---|
1 |
2018_dikti_Malaysia_Dongeng Pembelajaran Bahasa dan Moral.pdf
Document Type :
|
View |