Title | : | Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Peer-Assisted Learning untuk Program Persiapan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter |
Author | : | |
Date | : | 10 2020 |
Abstract | : | Latar belakang: Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian kompetensi nasional yang bersifat high-stake karena menentukan apakah mahasiswa kedokteran dapat lulus dan mendapatkan sertifikat kompetensi dokter. UKMPPD telah mendorong institusi-institusi pendidikan kedokteran untuk mempersiapkan mahasiswanya sebelum menghadapi ujian. Berbagai institusi termasuk FK KMK UGM mengaplikasikan peer-assisted learning (PAL) dengan melibatkan lulusan dokter baru untuk membantu Program Persiapan UKMPPD baik CBT maupun OSCE. Walaupun telah dilakukan program ini, cukup banyak mahasiswa (sekitar 70%) yang masih mengikuti pembimbingan UKMPPD di luar kampus yang mengharuskan peserta membayar hingga lebih dari Rp 3.000.000,-. Maka dari itu, dampak Program Persiapan/Pembimbingan UKMPPD di kampus (FK KMK UGM) yang menerapkan PAL perlu dikaji lebih lanjut dan ditingkatkan kualitasnya dengan memberikan pelatihan pada peer tutor. Tujuan: Mengevaluasi kualitas PAL pada Pembimbingan UKMPPD di FK KMK UGM dan juga meningkatkan kualitas pelatihan bagi peer tutor sebelum melaksanakan PAL pada Program Pesiapan UKMPPD. Metode: Penelitian ini akan merupakan suatu action research dengan pendekatan mixed methods yang dilaksanakan dalam beberapa tahap mulai Januari hingga November 2020. Tahap pertama akan berfokus untuk melakukan evaluasi dampak Pembimbingan UKMPPD dengan melakukan FGD kepada mahasiswa dan peer tutor. Setelah tahap pertama, akan disusun Kuisioner Evaluasi PAL berdasar hasil FGD dan juga menyusun bahan ajar yang sesuai untuk pelatihan peer tutor selanjutnya. Berikutnya, tahap kedua akan dilakukan evaluasi pembimbingan berikutnya dengan melakukan FGD peer tutor dan mahasiswa, evaluasi dengan menggunakan Kuisioner Evaluasi PAL, serta membandingkan skor dan kelulusan UKMPPD sebelum dan setelah pelatihan peer tutor. Selanjutnya akan dilakukan revalidasi terhadap Kuisioner Evaluasi PAL sehingga siap digunakan. Tahap ketiga penelitian ini bersifat tentatif, tergantung dengan ada atau tidaknya perserta UKMPPD pada periode tesebut. Pendekatan tahap ketiga hampir sama dengan penelitian tahap kedua. Data kualitatif akan dianalisis dengan manggunakan pendekatan thematic analysis, sementara data kuantitatif akan dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t-test tidak berpasangan atau Mann-Whitney test. Luaran yang diharapkan: Penelitian ini memiliki keselarasan dengan peta jalan penelitian FK KMK UGM 2016-2025. Penelitian ini merupakan suatu usaha peningkatan scientific discovery (Stream 3) dengan memperkenalkan PAL untuk mempersiapkan mahasiswa kedokteran dalam menghadapi uji kompetensi nasional. Salah satu luaran dari penelitian ini nantinya adalah produk (Stream 2), yakni suatu Kuisioner Evaluasi PAL yang hingga saat ini belum ditemukan pada literatur. Penelitian ini juga dapat menjawab tantangan sosial (Stream 1) aplikasi PAL di untuk persiapan ujian high-stake yang masih diragukan dan belum banyak diteliti. Peneliti juga akan mendiseminasikan hasil penelitian ini dengan publikasi pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi. Kata kunci: peer-assisted learning, PAL, high-stake assessment, uji kompetensi nasional, peer-tutor training |
Group of Knowledge | : | Bidang Ilmu Kedokteran Lain Yang Belum Tercantum |
Original Language | : | Bahasa Indonesia |
Level | : | Nasional |
Status | : |
No | Title | Action |
---|---|---|
1 |
297_ dr_ Prattama Santoso Utomo, MHPEd.pdf
Document Type : Kontrak
|
View |