Title | : | KERJASAMA PENELITIAN DAN PENULISAN JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI DENGAN TOPIK DESAIN KENDALI UNTUK JARINGAN LALU-LINTAS |
Author | : | |
Date | : | 2018 |
Abstract | : | Diseminasi penelitian merupakan salah satu tahap penting dari penelitian yang harus dilakukan, supaya hasil-hasil penelitian dapat disebarkan dan dimanfaatkan. Dalam rangka penyebaran hasil penelitian dan perluasan audiens, perlu dilakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah, khususnya publikasi melalui jurnal ilmiah yang bereputasi. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas publikasi dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi adalah dengan cara melakukan kerjasama dengan peneliti dari luar negeri yang mempunyai publikasi-publikasi yang berkualitas yang dibuktikan dengan H-Index yang tinggi. Dalam kegiatan World Class Professor yang diajukan ini, akan dilakukan kerjasama dengan Universitas Tilburg Belanda. Dalam kerjasama tersebut, didatangkan pengajar dari Universitas tersebut, dan sebaliknya pengusul akan melakukan visiting research dengan tujuan utamanya adalah menyempurnakan publikasi bersama pada jurnal internasional bereputasi. Selain kegiatan utama, yaitu perbaikan kualitas joint publication, akan dilaksanakan beberapa kegiatan lain untuk lebih memanfaatkan kedatangan dosen tamu tersebut. Kegiatan tersebut meliputi presentasi ilmiah, workshop penulisan makalah pada jurnal ilmiah internasional serta pembimbingan mahasiswa S3. Kerjasama penelitian dengan topik desain kendali pada masalah transportasi telah dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir. Jaringan lalu-lintas merupakan sistem besar terdiri dari banyak jalan dan perempatan yang rumit. Penelitian yang telah dilakukan membahas tentang penerapan Teori Permainan Kooperatif untuk menghitung pendistribusian kendaraan di jaringan lalu-lintas. Pada Teori Permainan Kooperatif terdapat teori alokasi yang berbicara tentang pembagian biaya, yang sangat cocok untuk diterapkan di jaringan lalu-lintas. Setelah kendaraan didistribusikan, selanjutnya pada setiap link dilakukan desain kendali untuk meningkatkan performa, khususnya mengurangi kemacetan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur waktu optimal lampu lalu-lintas menyala dan memberikan batasan kecepatan. Pada referensi, dalam menangani jaringan lalu-lintas, dilakukan optimasi pada sistem besar, tentunya ini hal yang kurang baik dilakukan untuk jaringan yang sangat besar. Penelitian yang telah dilaksanakan menghasilkan makalah untuk jurnal ilmiah internasional. Akan tetapi dirasa perlu penyempurnaan untuk meningkatkan mutu publikasi supaya dapat menembus jurnal ilmiah internasional dengan reputasi minimal Q2. |
Group of Knowledge | : | Matematika |
Original Language | : | Bahasa Indonesia |
Level | : | Internasional |
Status | : |
No | Title | Action |
---|