ACADSTAFF UGM

CREATION
Title : Melaksanakan kegiatan PkM "Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA dan SMP Ternate Maluku Utara (Upaya Peningkatan Kualitas Guru Matematika SMP dan SMA di Daerah 3T Kerjasama dengan Universitas Khairun Ternate"_Prof. Dr. Sri Wahyuni, SU. dkk (Surat Kontrak/Perjanjian)
Author :

Prof. Dr. Sri Wahyuni, S.U. (1) Prof. Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D. (2) Prof. Dr. Christiana Rini Indrati, M.Si. (3) Dr.rer.nat. Lina Aryati, M.S. (4) Dr. Fajar Adi Kusumo, S.Si., M.Si. (5) Dr. Adhitya Ronnie Effendie, S.Si., M.Si., M.Sc. (6)

Date : 0 2022
Abstract : Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Lintas Departemen yang diinisiasi oleh Departemen Matematika FMIPA UGM, yang diketuai oleh Prof. Dr. Sri Wahyuni bekerja sama dengan PS Pendidikan Matematika Universitas Khairun Ternate dan MGMP Matematika SMA dan MGMP Matematika SMP Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara telah selesai dilaksanakan pada Hari Senin-Selasa, 24-25 Oktober 2022. Kegiatan PkM tersebut mengambil tema “Matematika UGM dan Pendidikan Matematika Unkhair Go to School” dengan inti kegiatan berupa “Sharing Pembelajaran Matematika Siswa Aktif dan Pemanfaatan Teknologi Informasi”. Untuk hari pertama kegiatan PkM dilaksanakan secara luring di PS Pendidikan Matematika Unkhair dibuka oleh Dekan FKIP Unkhair. Kegiatan luring ini terbagi menjadi 4 sesi. Pada sesi 1, sebagai narasumber adalah Dr. Aditya Ronny Effendi, M.Sc. yang menyampaikan materi dengan topik “Cara Menulis Persamaan Matematika dengan Latex Melalui Aplikasi Overleaf”, sesi 2 oleh Dr. Karman La Nani, S.Pd., M.Si dengan topik “Pembelajaran Matematika Dengan Model Cettar Membahana”. Pada sesi 3 disampaikan materi tentang “Pemodelan Matematika untuk Penularan Influenza: Peningkatan Wawasan Guru Terkait Aplikasi Matematika” dengan Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si. sebagai narasumber. Sedangkan pada Sesi 4 disampaikan topik “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Constructivism” Oleh: Prof. Dr. Sri Wahyuni. Kegiatan luring ini diakhiri dengan diskusi dan penutupan. Setelah acara ini selesai, diadakan penandatanganan 2 (dua) Perjanjian Kerjasama (MoU). MoU yang pertama merupakan kerjasama 4 pihak antara Fakultas MIPA UGM dan Fakultas Ilmu Pendidikan Unkhair, MGMP Matematika SMA, dan MGMP Matematika SMP. Sedangkan MoU yang kedua merupakan kerjsama antara FMIPA UGM dan Direktur Sekolah Pascasarjana Unkhair. Ruang lingkup kerja sama berupa peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat meliputi: 1. Penyelenggaraan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang dilakukan oleh Para Pihak, seperti kegiatan dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pembimbingan bersama tugas akhir mahasiswa, dan lain-lain. 2. Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Keilmuan yang dilakukan secara kolaboratif oleh Para Pihak 3. Kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan kesepakatan para pihak. Kegiatan PkM pada hari kedua dilaksanakan pada Selasa 25 Oktober 2022, dilaksanakan dalam 3 sesi dengan tiga narasumber dan dilaksanakan secara daring dengan media ZOOM. Pada Sesi 1 dipaparkan materi “Pemanfaatan Kerja Kolabatif Daring (Google Collaboratory) Menggunakan Metode Aproksimasi Untuk Memudahkan Pembelajaran Konsep Fisika: Peningkatan Wawasan Guru” oleh Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D. Kemudian acara berlanjut ke Sesi 2 dengan topik “Sharing Pembelajaran Tentang Limit Fungsi” oleh Dr. Lina Aryati. Dan pada sesi terakhir, yaitu “Sharing Pembelajaran Tentang Trigonometri” oleh Prof. Dr. Ch. Rini Indrati, M.Si. Kegiatan PkM ini diikuiti oleh para guru MGMP Matematika SMA dan MGMP Matematika SMP Kota Ternate, dosen serta mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Unkhair. PkM ini diharapkan terus berlanjut pada masa-masa mendatang sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang semakin luas, khususnya untuk perkembangan matematika di wilayah Maluku Utara.
Group of Knowledge :
Original Language :
Level : Nasional
Status :
Document
No Title Document Type Action
1 0-Laporan-PkM-2022-Unkhair-Upload.pdf
Document Type : Full Dokumen
Full Dokumen View