Title | : | Mendukung Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Pada Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Intervensi Berbasis Sekolah |
Author | : |
Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D. (1) Ammik Kisriyani, S.Psi., M.A. (2) Dian Mufitasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog (3) |
Date | : | 10 2021 |
Abstract | : | Pengembangan sekolah inklusif meliputi tiga dimensi, yaitu (1) Budaya sekolah yang inklusif (2) Kebijakan sekolah yang inklusif (3) Praktik pendidikan inklusif. Perwujudan ketiganya di sekolah sangat membutuhkan kontribusi dan keterlibatan seluruh warga sekolah (kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, orangtua, siswa) secara dinamis pada setiap dimensi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi sekolah dalam upaya menguatkan setiap elemen warga sekolahnya untuk terlibat dalam mewujudkan pendidikan inklusif khususnya dalam situasi pandemi COVID-19. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini akan mengembangkan dan menerapkan modul pelatihan bagi sekolah inklusi dengan pelibatan seluruh elemen warga sekolah. Pendekatan partilsipatoris digunakan untuk menenmukan perspektif warga sekolah tentang pelaksanaan pendidikan inklusif selama ini, menemukam permasalahan dan kebutuhan yang akan menjadi fokus perubahan, serta menerapkan apa yang dipelajari dari pelatihan untuk perubahan dan perbaikan. |
Group of Knowledge | : | |
Original Language | : | |
Level | : | Nasional |
Status | : |
No | Title | Action |
---|---|---|
1 |
PROPOSAL HIBAH PENGABDIAN KBK PSIKOLOGI PENDIDIKAN.pdf
Document Type :
|
View |
2 |
39768_6_22072021143527.pdf
Document Type : Surat Tugas / SK
|
View |
3 |
Draf Manuskrip Mendukung Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19 Sebuah Intervensi Berbasis Sekolah.pdf
Document Type : Laporan penelitian
|
View |