ACADSTAFF UGM

CREATION
Title : Model Matematis Prediksi Kecepatan Terkait Pelanggaran/Kecelakaan di Jalan Toll Melalui Pendekatan Data Obyektif Rekaman CCTV dan Pemodelan Perilaku Speeding di Jalan Toll
Author :
Date : 31 2020
Abstract : Perbaikan infrastruktur di Indonesia termasuk jalan tol, ternyata diiringi dengan jumlah kecelakaan yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil evaluasi, kecelakaan di jalan tol masih didominasi human error dengan presentasi sekitar 87% (Kamaludin, 2019). Kejadian tabrak belakang menjadi salah satu penyebab tertinggi kecelakaan fatal yang mengakibatkan korban meninggal dunia (Wamad, 2019). Kejadian tabrak belakang ini terkait dengan tingginya kecepatan pengemudi. Semakin meningkatnya ruas dan jumlah jalan tol di banyak negara, yang diiringi dengan tingginya jumlah kecelakaan yang terjadi, mendorong munculnya penelitian terkait dengan jalan tol (misal Shawky dkk, 2017;Moutari dkk, 2005; Yue dkk, 2016). Namun penelitian yang sudah dilakukan lebih fokus pada pemodelan terkait lalu lintas di jalan tol, belum terdapat penelitian yang fokus pada apa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan tol dilihat dari fakta empiris yang terjadi di lapangan. Fakta empiris di lapangan dapat didekati dengan pemodelan matematika. Pendekatan model mulai diterapkan dalam penelitian terkait jalan tol karena pendekatan model telah terbukti dapat digunakan untuk berbagai bidang (misal Syafitri dkk, 2020; Goos dkk, 2016; Chamidah dkk, 204; 2016). Memperhatikan faktor manusia pada sistem transportasi selain jalan tol telah terbukti meningkatkan performansi sistem tersebut misalnya pada sistem transportasi udara yang melibatkan Air Traffic Controller (Liu dkk, 2020). Kenyataan bahwa kecelakaan di jalan tol disebabkan oleh kesalahan manusia (human error) menunjukkan bahwa pendekatan perilaku pengemudi menjadi hal yang sangat penting. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa aspek perilaku menjadi penentu dalam berbagai bidang, misalnya perilaku berpengaruh terhadap keselamatan di tempat kerja (misal Sutalaksana dkk, 2019; Widyanti dkk, 2018). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model matematis berdasarkan data obyektif kamera cctv yang dimiliki oleh pengelola jalan tol dan data perilaku. Model yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk menghindari kecelakaan di jalan tol melalui optimasi variabel dan parameter yang ada. Model speeding prediction system akan dijadikan model dasar dalam penelitian ini.
Group of Knowledge : Teknik Industri
Original Language : Bahasa Indonesia
Level : Nasional
Status :
Document
No Title Document Type Action