ACADSTAFF UGM

CREATION
Title : Model Pembelajaran Fisika yang edukatif, kreatif, dan motivatif untuk siswa SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Karanganyar
Author :

Dra. Eko Tri Sulistyani, M.Sc. (1) Prof. Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D. (2) Romy Hanang Setya Budhi, S.Si., M,Sc., Ph.D. (3) Sugeng Triono, S.Si., M.Si. (4) Dr. Winarto Haryadi, M.Si. (5)

Date : 1 2021
Abstract : Kegiatan pengabdian yang akan dilakukanpada tahun 2021ini merupakan tindaklanjut adanya KKN PPM UGM yang sudah berlangsung pada tahun 2020 secara daring di Kecamatan Karanganyar. Dengan adanya kegiatan KKN tersebut secara daring menjadikan mahasiswa dan akademisi tidak dapat bersentuhan secara langsung kepada siswa di sekolah karena selama pandemi siswa diliburkan dari kegiatan di sekolah. Akibatnya siswa tidak bisa diberikan motivasi secara maksimal dengan tatap muka. Untukitulah kegiatan pengabdian ini diadakan agar dapatmemberikanmotivasidan membuka wawasan terhadapkeilmuan khususnya dibidang saintek.Kegiatan ini untukmenumbuhkan rasa keingintahuan yang baik pada siswa SMPdengan cara memberikan materi pengetahuan dan pengajaran yang variatif, inovatif dengan praktek-praktek yang menarikagar dapat memotivasi siswa. Pembelajaran fisika atau IPA sudah diberikan pada kurikulum SMP, namun pembelajaran di kelas terkadang membuat siswa hanya pasif dalam menerima pelajaran dan kurang mengerti bagaimana aplikasinya sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk belajar lebih dalam lagi. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang lebih menarik dengan cara memberikan contohaplikasinya. Ini perlu dilakukan agar siswa-siswa semakin menyukai ilmu Fisikadan Kimia, karena jika sudah senang maka akan lebih mudah dalam belajar, sedangkanjika sudah menganggap sulit maka akan kesulitanuntuk mengembangkan lebih lanjut. Untuk itusangat diperlukan pemahaman awal bahwa Fisika itu menarik dengan cara mengenalkan seluk beluk bahwa Fisika itu unik dan menarik karena dapat menampilkan gejala-gejala alam yang ada di sekitar kita.Kegiatan yang dilakukan merupakan pembelajaran dengan disertai praktek-praktek yang menarik baik diberikan secara langsung maupun lewat komputer. Praktek yang akan dilakukan adalah percobaan roket air sederhana untuk memahami konsep hukum Newton 3, untuk pemahaman 7asam dan basa dilakukan percobaan gunung berapi menggunakan senyawa asam dan basa, dan untuk pemahaman hukum Pascal akan dibuat mainan remot kontrol hidrolik eskavator. Untuk mengenalkan siswa tentang magnet, dalam kegiatan ini akan diberikan semacam permainan seperti sulap, yang mana magnet dapat berinteraksi tanpa menyentuh bendanya. Dengan kegiatan yang sederhara kita dapat mengenalkan gaya tegangan permukaan,gaya gesek, perahu bertenaga sabun dan masih banyak percobaan sederhana fisika(sains) yang dapat membuka wawasan siswa dalam belajar. Dengan percobaan ini diharapkan siswa SMP 1 Karanganyarakan termotivasi untuk lebih kreatif dan lebih giat dalam belajar, punya motivasi yang tinggi untuk melangkah lebih maju.
Group of Knowledge :
Original Language :
Level : Nasional
Status :
Document
No Title Document Type Action