Title | : | Model Pembelajaran Fisika yang interaktif dan kreatif untuk menunjang pembelajaran Mekanika bagi siswa SMK Negeri 2 Karanganyar Kabupaten Karanganyar |
Author | : |
Dra. Eko Tri Sulistyani, M.Sc. (1) Prof. Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D. (2) Dr. Eko Sulistya, M.Si. (3) Romy Hanang Setya Budhi, S.Si., M,Sc., Ph.D. (4) Sugeng Triono, S.Si., M.Si. (5) |
Date | : | 0 2022 |
Abstract | : | Kegiatan pengabdian yang akan dilakukan pada tahun 2022 ini merupakan tindaklanjut adanya permintaan dari pihak sekolah SMK Negeri 2 Karanganyar, yang menginginkan tutorial terkait pembelajaran yang berkaitan dengan bidang mekanika/fisika sebagai dasar dalam pembelajaran pada jurusan teknik disekolah Kejuruan. Untuk itu menjadi sangat penting adanya model pembelajaran Fisika agar dapat menunjang pemahaman terhadap mata pelajaran yang ada. Terlebih jika diberikan model pembelajaran berbentuk visualisasi dengan program komputer sebagai media interaktif. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan sikap kreatif pada siswa SMK dengan cara memberikan materi pengetahuan dan pengajaran yang variatif, inovatif dengan beberapa program visualisasi dan praktek-praktek yang menarik baik diberikan secara langsung maupun lewat komputer agar dapat memotivasi siswa. Program yang dilakukan antara lain : penggambaran visualisasi mulai dari kinematika awal, posisi, kecepatan, gerak GLB, GLBB, gerak parabola, momentum sampai penerapan bidang mekanika yang lain seperti percobaan bidang miring, percobaan sensor mobil, lampu lalulintas dengan arduino dan praktek membuat gunung api meletus dari peralatan yang ada di sekitar kita. Program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik mengenai pembelajaran Fisika secara umum. Dengan visualisasi yang diberikan diharapkan siswa menjadi termotivasi untuk mempraktekkan sendiri dan lebih kreatif untuk membuat inovasi baru. |
Group of Knowledge | : | |
Original Language | : | |
Level | : | Nasional |
Status | : |
No | Title | Action |
---|---|---|
1 |
PKM Bu Eko.pdf
Document Type : Kontrak
|
View |