ACADSTAFF UGM

CREATION
Title : Model Pembelajaran Fisika yang Kreatif, Inovatif dan Motivatif Untuk Siswa SMP di SMP N 1 Trucuk, Klaten
Author :

Dra. Eko Tri Sulistyani, M.Sc. (1) Prof. Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D. (2) Romy Hanang Setya Budhi, S.Si., M,Sc., Ph.D. (3) Sugeng Triono, S.Si., M.Si. (4) Dr. Winarto Haryadi, M.Si. (5) Mardi Wasono (6) DAVE RINATZA ZAIN (7) IMAN RAHMAN (8)

Date : 0 2020
Abstract : Pengabdian yang akan dilakukan ini adalah menumbuhkan rasa keingintahuan yang baik pada siswa SMP dengan cara memberikan materi pengetahuan dan pengajaran yang variatif, inovatif dengan praktek-praktek yang menarik agar dapat memotivasi siswa.. Pembelajaran fisika atau IPA sudah diberikan pada kurikulum SMP, namun pembelajaran di kelas terkadang membuat siswa hanya pasif dalam menerima pelajaran dan kurang mengerti bagaimana aplikasinya sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk belajar lebih dalam lagi. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang lebih menarik dengan cara memberikan contoh aplikasinya. Ini perlu dilakukan agar siswa-siswa semakin menyukai ilmu IPA khususnya bidang Fisika dan Kimia. Karena jika sudah senang maka akan lebih mudah dalam belajar, sedang jika sudah menganggap sulit maka akan sulit untuk mengembangkan lebih lanjut. Sehingga sangat diperlukan pemahaman awal bahwa Fisika itu menarik dengan cara mengenalkan seluk beluk bahwa Fisika itu unik dan menarik karena dapat menampilkan gejala-gejala alam yang ada di sekitar kita. Kegiatan yang dilakukan merupakan pembelajaran dengan disertai praktek-praktek yang menarik baik diberikan secara langsung maupun lewat komputer. Praktek yang akan dilakukan adalah percobaan roket air sederhana untuk memahami konsep hukum Newton 3, pengenalan tentang magnet diberikan seolah-olah bermain sulap, sedangkan untuk pemahaman asam dan basa dilakukan percobaan gunung berapi menggunakan senyawa asam dan basa, dan untuk pemahaman hukum Pascal akan dibuat mainan remot kontrol hidrolik eskavator. Untuk mengenalkan siswa tentang magnet, dalam kegiatan ini akan diberikan semacam permaianan seperti sulap, yang mana magnet dapat berinteraksi tanpa menyentuh bendanya. Dengan kegiatan yang sederhara kita dapat mengenalkan gaya tegangan permukaan, gaya gesek, perahu bertenaga sabun dan masih banyak percobaan sederhana fisika(sain) yang dapat membuka wawasan siswa dalam belajar. Dengan percobaan ini diharapkan siswa SMP ini akan termotivasi untuk lebih kreatif dan lebih giat dalam belajar, punya motivasi yang tinggi untuk melangkah lebih maju.
Group of Knowledge :
Original Language :
Level : Nasional
Status :
Document
No Title Document Type Action
1 Modul_Komputasi_MGMP.pdf
Document Type :
View
2 PDF Laporan_PkM-Dosen2020 -Eko T Sulistyani Jadi.pdf
Document Type : Laporan penelitian
Laporan penelitian View