ACADSTAFF UGM

CREATION
Title : Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penggunaan Teknologi Untuk Menghadapi Era Industri 4.0 di Desa Mojorejo Kabupaten Sragen
Author :

Afiahayati, S.Kom., M.Cs., Ph.D (1) Diyah Utami Kusumaning Putri, S.Kom., M.Sc., M.Cs. (2) Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D. (3) Prof. Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc., Ph.D. (4) Dr. Azhari, MT. (5) Aina Musdholifah, S.Kom., M.Kom. Ph.D (6) Dr. Sri Mulyana, M.Kom. (7) Dr. Ilona Usuman, S.Si., M.Kom. (8) Anifuddin Azis, S.Si., M.Kom. (9) Yunita Sari, S.Kom., M.Sc., Ph.D. (10) Wahyono, Ph.D. (11) Dr. Dyah Aruming Tyas, S.Si. (12) Dzikri Rahadian Fudholi, S.Kom., M.Comp. (13)

Date : 0 2021
Abstract : Desa Mojorejo merupakan suatu desa di Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa tersebut merupakan desa Desmigratif (Desa Migran Produktif) yang membangun usaha produktif secara mandiri dan meningkatkan keterampilan melalui peran pemerintah desa dan pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudukan masyarakat desa migran yang produktif dan sejahtera. Target peserta dari pengabdian masyarakat ini adalah Kelompok KAMI TKI Mukti yang membangun usaha miko, kecil dan menengah (UMKM) di Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen. Para pengusaha UMKM di desa ini masih memasarkan produknya secara lokal atau dengan mengikuti kegiatan bazar. Perkembangan teknologi sebaiknya dapat digunakan untuk memasarkan produk hasil UMKM. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk membantu pemasaran produk hasil UMKM dengan pemanfaatan tekonologi. Upaya yang diusulkan adalah pelatihan digital marketing kepada para pelaku UMKM menggunakan sosial media (seperti Facebook dan Instagram) dan website Marketplace Indonesia (seperti Tokopedia.com dan Bukalapak.com). Penggunaan marketplace diharapkan membuat para pelaku UMKM dapat mempromosikan hasil usahanya ke lebih banyak konsumen dari berbagai lapisan daerah di seluruh Indonesia sehingga dapat meningkatkan pendapatannya secara ekonomi dan mengembangkan usaha mereka. Kegiatan pengabdian yang akan dilakukan, yaitu pelatihan digital marketing menggunakan sosial media (seperti Facebook dan Instagram) dan website Marketplace Indonesia (seperti Tokopedia.com dan Bukalapak.com) yang akan dilakukan selama satu hari secara online. Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk para pelaku UMKM terutama di Desa Mojorejo dan tidak terbatas pada jumlah peserta, usia dan strata pendidikan.
Group of Knowledge :
Original Language :
Level : Nasional
Status :
Document
No Title Document Type Action
1 surat_kontrakperjanjian_pkm lab sc.pdf
Document Type : Surat Tugas / SK
Surat Tugas / SK View
2 surat_tugas_narasumber.pdf
Document Type : Surat Tugas / SK
Surat Tugas / SK View