Title | : | Pengayaan Materi Pembelajaran Anatomi, Biologi dan Konservasi Satwa Liar pad Siswa/i Sekolah Dasar di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo |
Author | : |
drh. Irma Padeta, M.Sc. (1) Dr. drh. Hery Wijayanto, M.P. (2) drh. Ariana, M.Phil. (3) Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. (4) Dr. drh. Tri Wahyu Pangestiningsih, M.P. (5) Prof. drh. Dwi Liliek Kusindarta, MP., Ph.D. (6) Dr. med. vet. drh. Hevi Wihadmadyatami, M.Sc. (7) drh. Arvendi Rachma Jadi, S.K.H., M.Sc. (8) |
Date | : | 0 2019 |
Abstract | : | Materi pembelajaran Biologi pada tingkat sekolah dasar dan menegah menjadi salah satu mata pelajaran penting dalam bekal menuntut ilmu dan melanjutkan pembelajaran pada tingkatan sekolah yang lebih tinggi. Pengayaan materi ilmu pengetahuan alam (IPA) seperti anatomi dan biologi harus dilakukan hubungannya dengan perolehan materi Biologi yang up to date. Media pembelajaran Biologi merupakan alternatif media ajar yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran siswa didik. Media pembelajaran Biologi tersebut meliputi preparat histologi, poster, buku, preparat tulang, dll. Kehadiran media dan sangat membantu mereka dalam memahami konsep tertentu, yang tidak atau kurang mampu dijelaskan secara verbal (bahasa). Ketidakmampuan guru menjelaskan sesuatu bahan itulah dapat diwakili oleh peranan media. Media ajar yang aman, kompeten dan berkualitas tentunya akan menunjang proses pembelajaran yang lebih baik. Media yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran tentunya harus sesuai kompetensi yang ingin dicapai. Oleh sebab itu dibutuhkan media ajar yang berkualitas dan tepat guna dalam proses pembelajaran tersebut. Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) sering mendapat kepercayaan dari pihak sekolah baik tingkat pendidikan pra-sekolah, dasar sampai menengah dalam pengayaan materi pembelajaran Biologi dan menyediakan media ajar langsung (khususnya pembelajaran tentang hewan dalam lingkup mata pelajaran Biologi). Pengayaan materi pembelajaran dan penggunaan media ajar langsung tersebut sangat membantu dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Pelaksanaan pengabdian berupa kunjungan ke sekolah dan lingkungan FKH UGM dapat membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pengenalan konsep konservasi juga diharapakan dapat menumbuhkan kesadaran konservasi sejak dini. Peserta didik dapat secara langsung terlibat dalam kegiatan belajar yang efektif, efisien, fun, dan terpadu. Guru pendamping mata pelajaran Biologi dapat memperoleh wawasan dan pengalaman baru dalam membantu proses pembelajaran Biologi di sekolah. Staf pengajar, laboran, dan mahasiswa di FKH UGM yang kompeten dapat menjadi fasilitator untuk peserta didik dan guru di lingkungan sekolah dalam memfasilitasi pengayaan materi pembelajaran IPA (anatomi dan biolog) bebasis media ajar sebagai bentuk Tri Dharma Universitas yaitu pengabdian di masyarakat. |
Group of Knowledge | : | |
Original Language | : | |
Level | : | Nasional |
Status | : |
No | Title | Action |
---|---|---|
1 |
Kontrak PkM Irma Padeta.pdf
Document Type : Kontrak
|
View |
2 |
Sertifikat Pengabdian SDN Kalikutuk Sentolo.pdf
Document Type : Sertifikat
|
View |
3 |
2019 Genap Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen SD Kalikutuk (Sertifikat)-upload.pdf
Document Type : Sertifikat
|
View |
4 |
TWP-Sertifikat pengabdian kulonprogo.pdf
Document Type : Sertifikat
|
View |
5 |
SERTIFIKAT PENGMAS SD KALIKUTUK ARIANA GENAP 2019620.pdf
Document Type : Sertifikat
|
View |
6 |
pengabdian_ca_2054739_1dc3a79e07caa54f95bafd4cd2b167fc.pdf
Document Type : [PAK] Bukti Korespondensi Penulis
|
View |