Title | : | Perkembangan Memori dan Keterampilan Eksekutif pada Bayi 12-24 Bulan: Sebuah Metode Skrining oleh Ibu |
Author | : | |
Date | : | 1 2021 |
Abstract | : | Perkembangan memori dan keterampilan eksekutif pada bayi merupakan aspek yang sangat penting untuk perkembangan pada aspek yang sama pada tahapan selanjutnya. Namun, penelitian mengenai dua aspek tersebut pada bayi berusia 12-24 pada konteks Indonesia masih jarang dilakukan. Lebih jauh, ketersediaan instrumen skrining yang bisa digunakan oleh ibu untuk memantau perkembangan kedua aspek tersebut sulit untuk ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode skrining perkembangan memori dan keterampilan eksekutif yang dapat dilatihkan untuk dilakukan oleh ibu pada bayi berusia 12-24 bulan. Dengan mengetahui tentang perkembangan anaknya pada domain-spesifik yang diungkap oleh tugas Deferred imitation (DI) dan tugas Tugas A-not-B, ibu dapat lebih memahami dan mendapat umpan balik terkait milestone perkembangan anaknya, khususnya perkembangan memori dan keterampilan eksekutif. Ibu yang terlibat dalam penelitian ini akan mendapat pelatihan untuk melakukan skrining dengan menjalankan 2 tugas tersebut kepada bayinya. Ibu juga akan diminta untuk mengisi skala maternal responsiveness untuk mengetahui sejauh mana tingkat respon ibu selama berinteraksi dengan bayi, dan melihat hubungan antara tingkat responsivitas ibu dengan hasil skrining. Studi ini menggunakan desain within subject pre- and posttest. Data akan dianalisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Data kualitatif yang akan dikumpulkan melalui wawancara individu, Focus Group Discussion dan observasi (video interaksi ibu dan bayi) untuk menggali pengalamanan ibu selama melakukan tugas dan skrining pada bayinya. Hasil penelitian ini diharapkan memberi sumbangan pada dihasilkannya instrumen skrining yang dapat diakses oleh ibu dari kelas sosial ekonomi menengah ke bawah. Dengan memiliki keterampilan untuk mengecek domain spesifik tersebut, hambatan perkembangan bayi juga dapat diantisipasi sejak dini. Kata kunci: perkembangan memori, keterampilan eksekutif, maternal responsiveness |
Group of Knowledge | : | Psikologi Anak |
Original Language | : | Bahasa Indonesia |
Level | : | Nasional |
Status | : |
No | Title | Action |
---|